Kamis, 28 Maret 2013

Tips Agar Baterai Laptop Tidak Drop dan Rusak


Keunggulan laptop adalah computer yang dapat dijinjing kemanapun anda berada. Disini yang memiliki peranan penting adalah baterai, ya disebut computer jinjing karena ada baterai yang menjadi sumber tenaga laptop selain langsung menggunakan listrik.

Baterai Laptop

Namun apabila baterai anda sudah tidak berjalan maksimal alias drop,  maka anda akan merasa terbebani bila capat habis dan tempat anda sendang menggunakan laptop tidak ada colokan listrik atau penuh karena dipakai pengguna laptop lainnya. Untuk menghindari kejadian tersebut tidak ada salahnya anda untuk mengikuti tips agar baterai anda tidak drop.
  • Ketahuilah jenis baterai anda
    Jenis baterai ada 2 Nickel based (NiCd) dan lithium based (Lithium-Ion). Sebagian besar laptop telah menggunakan lithium ion kerena kapasitas yang besar dan tahan lama. Perbedaannya NiCd dalam penggunaan awal harus discharge minimal 8 jam dan di charge lagi apabila sudah akan habis. Sedangkan lithium ion anda charge pada kapasitas berapapun maka akan tetap pada kapasitas awal.
  • Charge secara normal pada penggunaan pertama
    Bila laptop anda tipe baterai lithium ion charge secara normal saja. Tidak perlu hingga delapan, dengan keadaan normal di charge selama 4 jam sudah penuh maka baterai itupun sudah penuh.
  • Charge secara rutin tanpa harus menunggu baterai hampir babis
    Pada baterai jenis lithium ion yang biasa di charge pada kisaran 70% umur baterai anda akan lebih lama 6 bulan dari estimasi awal. Karena dalam lithium ion tidak ada fenomena memory effect.
  • Jangan cabut charge anda bila menggunakan laptop dalam jangka lama
    Biarkan saja charge tetap tertancap apabila menggunakan laptop dalam waktu lama. Karena terdapat sistem auto control yang dapat terkontrol dengan sendirinya.
    Tips Merawat Baterai Laptop
  • Jaga supaya tidak dalam kondisi panas
    Upayakan baterai anda tidak terkena suhu, sinar atau barang yang panas. Simpan pada tempat yang aman. Karena ini akan membuat sel-sel yang terdapat dalam baterai bocor.
  • Atur sirkulasi udara laptop lewat perangkat tambahan
    Upayakan sirkulasi udara tidak tertutup dan gunakan coolpad untuk mendinginkan laptop anda. seperti penjelasan diatas suhu panas dapat membuat sel-sel anda bocor dan degradasi yang membuat baterai anda menjadi lemah.
Semoga dengan tips ini baterai anda jadi lebih awet sehingga membuat laptop lebih tahan lama yang tentunya akan menghemat pengeluaran anda dalam pembiayaan laptop, notebook dan netbook.

sumber : http://irma-notebook.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar